Ketik Judul / Kata Kunci di BAWAH ini untuk Mencari Buku & File



Anda dapat mencari Tugas Akhir Mahasiswa, Skripsi, Buku Referensi, Literatur, Laporan Penelitian, serta karya umum lainnya. 
100% GRATIS & Bisa di Download

27 January 2014

Pembelajaran Konvensional Menurut Syaiful dan Aswan (2006 : 98)

Pembelajaran Konvensional atau pembelajaran dengan metode ceramah menurut Syaiful dan Aswan (2006 : 98) adalah “…cara penyajian pelajaran yang dilakukan guru dengan penuturan atau penjelasan secara lisan secara langsung terhadap siswa”.

Beberapa karakteristik dari pembelajaran konvensional :

1. Peserta didik ditempatkan sebagai objek belajar yang berperan sebagai penerima informasi secara pasif

2. Pembelajaran bersifat teoritis dan abstrak

3. Tujuan akhirnya adalah penguasaan materi pembelajaran

4. Kebenaran yang dinilai bersifat absolute and final, oleh karena pengetahuan yang dikonstruksi orang lain. (Sanjaya, 2006:134)


Dalam pembelajaran, guru memegang peran aktif sedangkan siswa cenderung pasif. Pembelajaran berpusat pada guru. Guru yang memegang peran dalam menentukan isi, langkah-langkah dan kegiatan yang harus dilakukan dalam pembelajaran. Peran siswa adalah mendengarkan dan mencatat pokok-pokok materi yang diberikan oleh guru. Keaktifan siswa hanya sebatas bertanya kepada guru terhadap materi yang belum dipahami, menjawab pertanyaan dari guru bila ditunjuk. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran yang tidak begitu aktif tersebut mengakibatkan siswa mudah jenuh dan tidak terlatih untuk mandiri dalam belajar.

Strategi pembelajaran konvensional merupakan strategi pembelajaran yang lazim digunakan oleh para guru di sekolah dimana ia mengajar. Beberapa metode yang biasa digunakan dalam strategi pembelajaran konvensional antara lain, metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode ekspositori, metode drill atau latihan, metode pemberian tugas, metode demonstrasi, metode permainan, dan lain-lain. 

Dalam penelitian tertentu, metode yang digunakan dalam strategi pembelajaran konvensional adalah metode ekspositori. Metode ekspositori adalah metode yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Oleh karena metode ekspositori lebih menekankan kepada proses bertutur, maka sering juga dinamakan istilah strategi “chalk and talk”.

Title: Pembelajaran Konvensional Menurut Syaiful dan Aswan (2006 : 98); Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.