Ketik Judul / Kata Kunci di BAWAH ini untuk Mencari Buku & File



Anda dapat mencari Tugas Akhir Mahasiswa, Skripsi, Buku Referensi, Literatur, Laporan Penelitian, serta karya umum lainnya. 
100% GRATIS & Bisa di Download

28 April 2014

Panduan Cara Menulis Daftar Pustaka Skripsi dari Internet 2014

Panduan Membuat Daftar Pustaka dari Internet 

Kami perbarui Informasi dan Pengetahuan anda Hari ini. Jika yang kita kutip sebagai bahan acuan tulisan akademis atau resmi itu berasal dari buku, bentuk baku penulisan daftar pustaka-nya sudah umum dan banyak yang tahu. Tetapi ketika kita mengutip dari bahan yang kita temukan di internet, maka harus diakui, banyak yang masih bingung bagaimana cara membuat daftar pustaka dari internet itu. khususnya bagi para mahasiswa yang sedang menyelesaikan Thesis maupun Skripsinya.

Tips Cara Membuat Daftar Pustaka Skripsi dari Internet 2014Secara umum, sebenarnya tata penulisan daftar pustaka dari internet sama saja dengan aturan penulisan daftar pustaka yang bersumber dari buku cetak. Memang ada perbedaan format penulisan. Yang jelas berbeda adalah harus dituliskan tanggal waktu akses informasi tersebut. Mengapa? Karena teks dalam tulisan di internet bisa dengan mudah diubah alias diedit pemiliknya atau orang lain. Contoh yang paling jelas adalah informasi yang kita baca di website wikipedia. Siapapun boleh mengedit informasi di web tersebut.

Mengapa Daftar Pustaka harus ditulis dengan benar?
  • Memudahkan pembaca untuk menelusuri dari mana pemahaman yang kita tuliskan itu berakar. Dengan menuliskan sumber dengan benar, pembaca akan mudah merunutnya.
  • Menghindari masalah lisensi/copyright. Saat ini ide, gagasan, dalam apa pun itu bentuknya, bisa menadatangkan masalah jika digunakan tanpa ijin. Jadi dari pada nanti sampai dituntut atau gelar anda dicopot gara-gara sumber yang ditulis ngawur, ayo, belajar menuliskan daftar pustaka dengan benar, tak terkecuali jika sumbernya dari internet.
  • Menjaga reputasi. Kalau di kaskus ada slogan ‘no pics= hoax’. Maka dalam tulisan akademis kiranya berlaku juga ‘no reference= hoax’. Dengan memberikan bahan rujukan yang valid, penulis menjaga reputasinya bahwa dia tidak sekedar nulis ngalor-ngidul tanpa dasar.
  • Menghargai karya orang lain. Memang sekedar copy-paste tanpa rephrasing itu enak, cepat, tapi tidak halal. Bukan cuman urusan Tuhan loh soal halal tidaknya tulisan ini. Bahkan Mbah Google pun bisa dengan mudah melakukan banning terhadap blog yang tulisannya terlalu banyak hasil copy-paste mentah-mentahan. Apalagi jika tulisan anda itu bersifat akademis. Tentu akan lebih santun jika sumbernya dituliskan dengan benar atau valid.
Berikut Penulisan Daftar Pustaka dari internet yang benar :

Unsur – unsur yang dicantumkan dalam penulisan daftar pustaka dengan sumber informasi di internet adalah:
  • Nama penulis yang diawali dengan penulisan nama keluarga.
  • Judul tulisan diletakkan diantara tanda kutip
  • Jika karya tulis keseluruhan (jika ada) dengan huruf miring
  • Data publikasi berisi protocol dan alamat, path, tanggal pesan, atau waktu akses dilakukan.

Aturannya begini:

1.Bila Karya Perorangan: 
Cara Penulisannya ialah:
Pengarang/Penyunting. (Tahun). Judul (edisi), [jenis medium]. Tersedia: alamat di internet. [tanggal diakses].
Contoh:
Thompson, A. (1998). The Adult and the Curriculum. [Online]. Tersedia: http:/ / www.ed.uiuc.edu./EPS/PES-Yearbook/998/thompson. Html [30 maret 2000].

2.Bila bagian dari karya kolektif
Cara Penulisannya ialah:
Pengarang/Penyunting. (Tahun). Dalam Sumber (edisi), [Jenis media]. Penerbit. Tersedia: alamat di internet. [tanggal akses].
Contoh:
Daniel, R.T. (1995). The History of Western Music. In Britanica Online: Macropedia [Online]. Tersedia: http: / / www.eb.com: 180/cgibin/ g:DocF=macro/ 5004/45/0.html [28 maret 2000].

3.Bila Artikel dalam Jurnal:
Cara Penulisannya ialah:
Pengarang. (Tahun). Judul. Nama Jurnal [Jenis media], volume (terbitan), halaman. Tersedia: alamat di internet. [tanggal diakses].
Contoh:
Supriadi, D. (1999). Restructuring the Schoolbook Provision system in Indonesia: Some Recent Initiatives. Dalam Educational Policy Analysis Archives [Online], vol 7 (7), 12 halaman. Tersedia: http:/ / epaa.asu.edu / epaa/v7n7.html [17 maret 2001].

4.Bila Artikel dalam Majalah;
Cara Penulisannya ialah:
Pengarang. (Tahun, tanggal, bulan). Judul. Nama Majalah [Jenis media], volume jumlah. Tersedia: alamat di internet. [tanggal diakses].
Contoh:
Goodstein, C. (1991, 5 September). Healers from the Theep. American Health [CD-ROM], 60-64. Tersedia: 1994 SIRS/SIRS 1992 Life Science/ Article 08A [13 Juni 1995].

5.Bila Artikel di Surat kabar: 
Cara Penulisannya ialah:
Pengarang. (Tahun, tanggal, bulan). Judul. Nama Surat kabar [Jenis media], Jumlah halaman.
Tersedia: alamat di internet. [tanggal diakses].
Contoh:
Cipto, B. (2000, 27 April). Akibat Perombakan Kabinet Berulang. Fondasi Reformasi Bisa Runtuh. Pikiran Rakyat [Online], halaman 8. Tersedia: http: // www.[Pikiranrakyat.com. [9 Maret 2000].

6.Bila pesan dari E-mail
Cara Penulisannya ialah:
Pengirim (Alamat e-mail pengirim). (Tahun, tanggal, bulan). Judul Pesan. E-mail kepada penerima [Alamat e-mail penerima]
Contoh:
Musthafa, Suriansyah (julak@yahoo.co.id). (2000, 25 April). Bab V Laporan Penelitian. E-mail kepada Dedi Supriadi (Supriadi@indo.net.id)

Baca juga Untuk Pembahasan Bagian 2 : Tips Menulis Dan Contoh Penulisan Daftar Pustaka Skripsi dari Internet. Semoga Pada pembahasan bagian ini bisa memberi manfa'at bagi anda. Anda juga bisa download Buku atau Ebook Gratis di Sini atau hanya Sekedar Membaca Online. JIka anda ingin mencari Buku / Ebook namun tidak menemukan di sini, Anda bisa Request. Petunjuknya Klik Di SINI

Title: Panduan Cara Menulis Daftar Pustaka Skripsi dari Internet 2014; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.