Ketik Judul / Kata Kunci di BAWAH ini untuk Mencari Buku & File



Anda dapat mencari Tugas Akhir Mahasiswa, Skripsi, Buku Referensi, Literatur, Laporan Penelitian, serta karya umum lainnya. 
100% GRATIS & Bisa di Download

13 June 2014

Persyaratan Administrasi Pendaftaran Online CPNS 2014 Tanpa SKCK, Kartu KUNING

Persyaratan Administrasi Pendaftaran Online CPNS 2014 Tanpa SKCK, Kartu KUNING

Persyaratan Administrasi Pendaftaran Online CPNS 2014 Tanpa SKCK, Kartu KUNING
Kabar gembira bagi para calon pelamar Pegawai Negeri Sipil (CPNS) / Aparatur Sipil Negara (ASN). Untuk tahun ini Persyaratan Administrasi Pendaftaran tes CPNS tanpa SKCK (surat keterangan catatan kepolisian), surat keterangan sehat, dan kartu kuning. Hal ini tentunya sangat memudahkan para pelamar dalam melengkapi / mengurus persyaratan administrasi pendaftaran CPNS Tahun 2014 ini. Para pelamar tidak disibukkan dengan hal itu, sehingga mereka bisa lebih fokus untuk mempersiapkan diri menghadapi Tes yang akan dilaksanakan setelah Piltres 9 April. Berikut Berita yang kami kutip dari Sumber JawaPos :

Persyaratan administrasi pendaftaran tes CPNS saat ini dicap ribet dan rumit. Bahkan, waktu calon pelamar banyak tersita untuk menyiapkan berbagai persyaratan mengikuti ujian calon abdi negara. Mulai tahun ini pemerintah berupaya mengepras sejumlah persyaratan administrasi pendaftaran tes CPNS.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Herman Suryatman mengatakan, persyaratan administrasi tes CPNS yang dihapus adalah lembar SKCK (surat keterangan catatan kepolisian), surat keterangan sehat, dan kartu kuning.

SKCK selama ini diterbitkan satuan intelkam polres. Tetapi, untuk mendapatkannya, pemohon harus memperoleh surat pengantar dari polsek. Biaya resmi untuk mendapatkan SKCK sejatinya tidak mahal, yakni Rp 10 ribu/nama, dan masuk PNBP (penerimaan negara bukan pajak) Polri. Tetapi, karena jumlah pelamar tes CPNS sangat banyak, uang yang terkumpul dari permohonan SKCK cukup besar.

Misalnya, dalam tes CPNS 2013, tercatat jumlah pelamar mencapai 1,6 juta orang lebih. Itu berarti, uang dari SKCK pelamar tes CPNS minimal terkumpul Rp 16 miliar. Penghapusan tersebut tentu membuat pundi-pundi keuangan Polri berkurang.

Persyaratan lain yang dihapus adalah lembar kartu kuning atau surat keterangan pencari kerja yang diterbitkan dinas tenaga kerja dan transmigrasi kabupaten dan kota. Pengurusan kartu kuning itu menjadi hak pemerintah daerah. Aturannya, tidak ada retribusi dalam pengurusan kartu kuning tersebut. Tetapi, umumnya banyak pungutan liar dalam pembuatannya. Nominalnya bervariasi, mulai Rp 5 ribu hingga Rp 25 ribu.

Sementara itu, surat keterangan sehat diterbitkan dokter pemerintah. Tidak ada aturan yang baku terkait tarif pembuatan surat keterangan sehat tersebut.

Herman menuturkan, pemangkasan aneka persyaratan administrasi pendaftaran tes CPNS itu bermaksud supaya calon peserta tes fokus menyiapkan diri menghadapi butir-butir soal ujian. Seperti tes tahun lalu, materi ujian terdiri atas wawasan kebangsaan, karakteristik pribadi, dan intelejensia umum.

Herman menuturkan, tiga persyaratan administrasi itu akan dihapus dalam skema pendaftaran pelamar tes CPNS. Tetapi, ketika diterima menjadi CPNS, mereka wajib melampirkan surat keterangan sehat, SKCK, dan kartu kuning. ’’Penghapusan syarat-syarat administrasi yang memberatkan pelamar ini bagian dari reformasi birokrasi,’’ ujarnya.

Dengan penghapusan tiga syarat administrasi tersebut, Harman memprediksi pelamar tes CPNS tahun ini bakal membeludak. Namun, dia memastikan tes CPNS tetap sesuai dengan skenario awal, yakni menggunakan computer assisted test (CAT). Dengan model itu, peserta tidak lagi mengerjakan soal ujian di kertas lembar jawaban. Tetapi, mereka mengerjakan langsung di komputer yang terhubung langsung ke server panitia seleksi.

Rencananya tes CPNS 2014 digelar Juni–Juli. Kuota yang disiapkan mencapai 100 ribu kursi. Sebanyak 5 ribu di antaranya dibuka untuk pelamar lintas disiplin ilmu.

Semoga Informasi ini bermanfa'at bagi anda. Kami juga membantu anda untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi TES CPNS. Anda bisa Mendownload ataupun Membaca Online Buku / Ebook pada blog ini. Silahkan Klik di Bawah ini untuk Download / Baca Online.


Title: Persyaratan Administrasi Pendaftaran Online CPNS 2014 Tanpa SKCK, Kartu KUNING; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.